1. Persiapan Awal
    Cek dan siapkan budget untuk mudik, mulai dari keberangkatan, selama perjalanan, di kampung halaman, hingga kembali ke rumah. Ini termasuk oleh-oleh jika memang berniat memberi untuk keluarga di kampung. Siapkan bekal dan camilan yang sehat. Selain untuk menjaga agar selalu berenergi, bekal sangat membantu ketika terjebak kemacetan dan merasa lapar. Siapkan teh Lipton dalam bekal untuk bantu semua anggota keluarga yang mudik menjadi rileks dan mood kembali segar.
  2. Berkemas
    Berkemaslah yang rapih dan efisien untuk keperluan yang sekiranya digunakan di perjalanan, siapkan dalam tas yang bisa disimpan di dalam mobil. Barang lainnya, bisa dikemas rapi, lapisi plastik anti air, dan simpan di atas mobil atau di bagasi. Siapkan obat-obatan dan kelengkapan hiburan, seperti CD, DVD favorit yang bisa diputar sepanjang perjalanan, aneka permainan, hingga gadget seru.
  3. Bawaan Penting
    Siapkan daftar nomor kontak penting, seperti montir, derek mobil, bengkel, polisi, dinas jalan raya, keluarga yang bisa dihubungi, dan lainnya. Siapkan juga baterai ponsel cadangan yang terisi penuh, full charged power bank, dan kabel charger mobil. Jika dibutuhkan, bawa cadangan sim card yang sinyalnya dikenal kuat di berbagai wilayah yang dilalui dalam rute mudik.
  4. Pemilihan Rute
    Tentukan dan pastikan rute perjalanan mudik Anda, seperti lewat jalur pantura atau tol baru Cipali. Cari informasi terkini dari jalur pilihan tersebut, terutama buntu mengetahui daerah/kota mana saja yang Anda lewati terjadi kemacetan. Dan siapkan pula jalur alternatif jika memang kemacetan yang dialami tiada tara
  5. Servis Kendaraan
    servislah kendaraan kamu sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal tersebut guna memberikan jaminan mobilmu selalu berjalan dengan performa terbaiknya.
  6. Perhatikan Busi Mobil Yang Akan Di Pakai
    perhatikan busi mobil kamu. Lakukan penggantian rutin tiap tahun, atau setiap 20.000 km. Tujuannya untuk pembakaran yang optimal, dan proses penyalaan mesin yang nyaman dan mudah.
  7. Pemilihan Bahan Bakar
    gunakan bahan bakar yang sesuai kebutuhan mobil kamu, semata untuk optimalisasi pembakaran. Perhitungkan dengan cermat kapan, di lokasi mana kamu harus kembali mengisi bahan bakar. Pastikan indikator bahan bakar bekerja baik.
  8. Penggantian Oli Rem Dan Menjaga Tekanan Ban lakukan pergantian oli rem secara teratur. Ada baiknya penggantian oli rem setiap 2 tahun sekali. Perlakuan ini dapat menjaga kualitas pengereman yang efisien. Jaga Tekanan Ban,tekanan ban kurang 20% berarti kendaraan akan 10% lebih boros. Jagalah tekanan ban kendaraan kamu.
  1. Utamakan Keselamatan
    tak lupa pastikan sabuk keselamatan terpasang dengan sempurna. Sabuk keselamatan dapat mengurangi resiko cedera jika terjadi kecelakaan selama mengemudi kendaraan.
  2. Atur Kecepatan Berkendara
    jangan melebihi batas kecepatan. Sepanjang perjalanan patuhi batas kecepatan yang ditunjukkan rambu lalu lintas, dengan melaju pada kecepatan stabil atau dibawah batas kecepatan maksimum. Antisipasi jaga kecepatan menengah dengan antisipasi pergerakan kendaraan lain sehingga tak perlu berakselerasi dan mengerem mendadak.
  3. Perhatikan Penggunaan AC
    perhatikan penggunaan AC kendaraan kamu. kurangi kerja mesin dengan mematikan AC ketika tidak diperlulan. Pada situasi tertentu kita juga harus menjaga aerodinamis kendaraan dengan mengurangi hambatan udara yang menambah beban mesin, yaitu dengan menutup jendela. Pada kondisi ini kita memang membutuhkan AC di dalam mobil.
  4. Perhatikan Bobot Kendaraan
    perhatikan bobot kendaraan kamu. Banyak beban berarti makin berat kerja mesin dan akan menguras bahan bakar. Atur barang bawaanmu, sebisa mungkin kurangi bobot berlebih.
  5. Jangan Bermain Handphone Ketika Sedang Menyetir
    ingatlah jangan menggunakan ponsel ketika kamu mengemudi. Namun bila sangat diperlukan manfaatkan piranti handsfree, bluetooth, atau teknologi serupa. Lebih bagus lagi, jika mobil kamu dilengkapi dengan car kit yang lebih lengkap. Seperti tempat ponsel yang bisa dimanfaatkan untuk charging baterai, fungsi handsfree dengan mikrofon dan speaker terpisah, bahkan antene untuk penerimaan lebih baik. Jika kamu benar-benar harus menjawab, belokkan kendaraan ke tepi jalan.
  6. Stamina
    Jaga kondisi fisik ketika berkendara. Praktekkan prinsip Smart driving atau cerdas berkendara dan tak perlu kebut-kebutan. Patuhi segala rambu-rabu lalu lintas dana marka jalan demi keselamatan bersama. Untuk anggota AXIC, ada empat pilar smart driving yang harus ditegakkan para anggotanya, yakni antibahu jalan tol, seat belt for all, no texting while driving, dan no hazard, just for emergency only.
  7. Jika Membawa Balita
    Jika membawa balita saat mudik, persiapan kantung untuk berjaga-jaga set balita masuk darat. Buatlah kondisi nyaman di dalam kendaraan seperti menambah bantal dan selimut. Siapkan pula mainan atau lagu dan video yang pas agar balita tidak merasa bosan selama mudik.

Pengumuman Right