Lebih dulu mengembangkan pelabuhan di daerahnya untuk mendongkrak perekonomian di Cilacap, Kepala Dinas Perhubungan Cilacap, Tulus Wibowo, SH, S.Pd., M.Si., puji letak dan kondisi Pelabuhan Niaga Prigi yang tengah dibangun saat kunjungi Trenggalek, Kamis (18/10/2018).

 "Kita melihat sepintas saja Pelabuhan Perintis Prigi ini sangat memenuhi syarat," tutur Tulus kepada tim Humas Pemkab

Trenggalek.

 Melihat alur masuknya, ombaknya maupun kedalamannya, sangat benar apa yang disampaikan oleh Bupati Trenggalek, Bapak Emil Dardak Prigi bisa dijadikan pelabuhan yang kedua di Selatan Jawa setelah Cilacap.

Lebih lanjut Tulus menambahkan, "ini sangat-sangat memungkinkan. Kalau di Cilacap tertutup oleh Pulau Nusa Kambangan sedangkan di sini terlindungi oleh teluk Prigi, sehingga tidak diperlukan bangunan pemecah ombak lagi," imbuhnya.

 Karakteristik cukup bagus, alurnya diam, tenang, dalam juga dan aman karena terlindung bukit-bukit.

 Ditambahkan Kepala Dinas Navigasi Ditjen Perhubungan Laut Cilacap, Bambang "secara teknis dilihat dari sisi keselamatan pelayaran, kondisi ini sangat mendukung sekali," imbuhnya.

 

"Insyaallah bila dermaga ini selesai terbangun, apa yang di cita-citakan masyarakat Trenggalek akan terwujud," tandas Bambang.

 Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek, Sigit Hari Basuki yang ikut mendampingi kunjungan kerja Dinas Perhubungan Cilacap di Pelabuhan Prigi, menerangkan bahwasannya kedatangan tim dari Cilacap ini untuk memastikan data potensi yang bisa diangkut melalui pelayaran perintis nantinya.

 Ditambahkan Sigit, "pelayaran perintis ini sudah dimulai sejak bulan Mei kemarin. Setiap dua minggu sekali ada kapal yang berlayar dari Cilacap ke Banyuwangi."

Kehadiran mereka, memberikan optimisme besar, karena sepanjang awal kegiatan hingga akhir ini mereka menyatakan bahwa lokasi ini merupakan lokasi terbaik dan diharapkan bisa menjadi lokasi pelabuhan kedua di Selatan Pulau Jawa setelah Cilacap.

 Artinya, apapun yang disampaikan oleh tim dari Cilacap menyatakan bahwa sesuatu yang disini adalah yang terbaik dan sangat potensial untuk dikembangkan kedepan.

 Mudah mudahan ini bisa memberikan manfaat besar bagi perkembangan Kabupaten Trenggalek kedepan, tandas Kadishub Pemkab Trenggalek ini.”(Humas)

Instagram @Radar_Dishub